RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Taruna Jaya Prawira Tuban
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas
/
Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
(2x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan b
akat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
akat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
3.8 Memahami
hukum kekekalan energi
4.4 Menyaji hasil percobaan menggunakan
konsep usaha, energi dan daya
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
IPK Pengetahuan
3.8.1
Merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
benda di bawah medan gaya konservatif
3.8.2 Menguraikan secara kuantitatif
dan kualitataif penerapan konservasi energi
IPK Keterampilan
4.4.1 Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara
kuantitatif
4.4.2 Mendeskripsikan energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH)
D.
Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan
1.
Setelah melakukan pengamatan dan menggali informasi siswa
dapat merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya
konservatif
2.
Setelah melakukan pengamatan dan perhitungan siswa
dapat menguraikan secara kuantitatif
dan kualitataif penerapan konservasi energi
Keterampilan
3.
Setelah disediakan
peralatan praktek dan lembar pengamatan siswa dapat mendemonstrasikan
terjadinya energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik
4.
Setelah disediakan
peralatan praktek berupa beberapa jenis lampu dan peralatan listrik siswa dapat
mendemonstrasikan jenis-jenis lampu dan cara penggunaan peralatan listrik agar
hemat energi
E. Materi Pembelajaran
Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang
ditimbulkan oleh suatu gaya. Energi merupakan suatu besaran skalar. Macam-macam
bentuk energi antara lain: energi panas, energi cahaya, energi kimia, energi
kinetik, energi potensial, dan lain-lain.
a. Konsep
Energi dan Sumber-sumber energi
b. Energi
Potensial (Ep)
Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena
kedudukannya terhadap kedudukan tertentu atau keadaannya terhadap keadaan
tertentu.
Energi potensial dinyatakan dalam persamaan:
Ek = mgh
Contoh: buku yang
diletakkan di atas meja memiliki energi potensial terhadap lantai.
c. Energi Kinetik (Ek)
Energi
kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena gerakannya.
Energi kinetik
dinyatakan dalam persamaan:
Ek =
Contoh:
peristiwa pada gasing, setelah tali dilepas dari gasing ternyata gasing masih
berputar.
d.
Energi Mekanik (Em)
Energi
mekanik adalah jumlah dari energi kinetik dan energi potensialnya. Energi
mekanik dinyatakan dalam persamaan.
Em = Ek + Ep
Jika
tidak ada gaya-gaya lain yang bekerja (hanya gaya berat saja) maka energi
mekanik benda tersebut konstan (energi mekanik kekal).
Dinyatakan
dalam persamaan:
Em1 = Em2
(Ek + Ep)1 = (Ek
+ Ep)2
e. Usaha dan Energi Kinetik
Usaha yang dilakukan pada sebuah benda sama dengan penambahan energi
kinetik benda tersebut.
W = Ek
W = Ek
akhir – Ek awal
= (Ek)2
– (Ek)1
e. Hubungan
Usaha dan Energi
Usaha yang dilakukan oleh gaya berat pada sebuah benda sama dengan
pengurangan energi potensialnya.
W = – Ep
W = –{(Ep) akhir –
(Ep)
awal}
atau W
= (Ep)1 – (Ep)2
= –{(Ep)2 – (Ep)1}
f. Hukum Kekekalan Energi
Energi
tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan, tetapi energi dapat diubah dari suatu
bentuk ke bentuk lain.
g. Usaha
dan Energi Kalor
W
= Q = mcΔT
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model
Pembelajaran
Ø Pengetahuan : Discovery Learning
Ø Keterampilan : Project Learning
Metode Pembelajaran
§ Pengetahuan :
Paparan, Diskusi, Tanya jawab
§ Keterampilan :
Demonstrasi dan pemberian tugas
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Rincian kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
1.
Menyapa
siswa dan berdoa sebelum memulai KBM
2.
Menyanyikan lagu kebangsaan
Indonesia Raya
3.
Mengisi absensi / daftar
hadir siswa, jurnal kelas, jurnal mengajar
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5.
Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
|
15
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta membaca hand out yang diberikan oleh
guru
Mengisi soal latihan yang berkaitan dengan
indikator 1 sampai 5 telah dibagikan oleh guru
Menanya
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang materi yang dipelajarinya
Menalar
Mendiskusikan hasil diskusi kelompok tentang
materi yang dipelajari
Mengasosiasi
Peserta didik menjabarkan hasil
perhitungannya melalui rumus
Mengkomunikasikan
Setelah selesai mengerjakan tugasnya, guru
meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya setelah
melakukan kerja kelompok
|
65
|
PENUTUP
1.
Peserta
didik dan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
2.
Memberikan
tugas baca mengenai hukum kekekalan energi
dan materi berikutnya
3.
Menyanyikan lagu
kebangsaan
4.
Berdoa setelah
pembelajaran berakhir
|
10
|
Pertemuan
kedua (2 x 45 menit)
Rincian kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
1.
Menyapa
siswa dan berdoa sebelum memulai KBM
2.
Menyanyikan lagu
kebangsaan Indonesia Raya
3.
Mengisi absensi / daftar
hadir siswa, jurnal kelas, jurnal mengajar
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5.
Sedikit mengulang materi
sebelumnya
6.
Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
|
15
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta membaca hand out yang diberikan oleh
guru
Mengisi soal latihan yang berkaitan dengan
indikator 6 sampai 14 telah dibagikan oleh guru
Menanya
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang materi yang dipelajarinya
Menalar
Mendiskusikan hasil diskusi kelompok tentang
materi yang dipelajari
Mengasosiasi
Peserta didik menjabarkan hasil
perhitungannya melalui rumus
Mengkomunikasikan
Setelah selesai mengerjakan tugasnya, guru
meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya setelah
melakukan kerja kelompok
|
65
|
PENUTUP
1.
Peserta
didik dan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
2.
Memberikan
tugas baca mengenai hukum kekekalan energi
3.
Menyanyikan lagu
kebangsaan
4.
Berdoa setelah
pembelajaran berakhir
|
10
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian :
Tes tertulis, presentasi, diskusi, tanya jawab
2.
Instrumen
Penilaian :
Pilihan ganda, uraian, skala sikap
Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal
Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan
Cara Pengolahan Nilai
KD 3.8 Memahami
hukum kekekalan energi
Kompetensi Dasar
|
Indikator (IPK)
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
||||||||||||||||||||
3.8 Memahami hukum kekekalan energi
|
1.
Merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya
konservatif
2.
Menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi
energi
|
1.
Siswa dapat merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya
konservatif
2.
Siswa dapat menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi
energi
|
Tes Tulis
|
1.
Berapakah besar energi
potensial benda bermassa 5 kg pada ketinggian 5 meter
adalah?
2.
Berikan
contoh benda yang memiliki energi potensial adalah?
3.
Tentukan besar usaha yang dilakukan motor 3 Hp dalam
waktu 1 jam!
4.
Seorang yang bermassa 75 kg menaiki tangga yang
tingginya 20 m dalam waktu 5 menit. Jika g = 10 m/s2, hitunglah
daya yang dikeluarkan orang tersebut!
|
||||||||||||||||||||
Kunci Jawaban Soal:
1.
Diketahui:
m = 5 kg
h = 5 m
Ditanya:
Ep =
....?
Jawab:
Ep = mgh
= (5) (10) (5)
= 250 J
2.
a. karet
ketapel yang direnggangkan
b. bandul
yang disimpangkan
3.
Diketahui:
P = 3 Hp = 3
× 746 = 2238 J
t = 1 jam = 3600 s
Ditanya: W = ...
?
Jawab:
W = P t
= (2238) (3600)
=
8,0568 × 106 J
4.
Diketahui:
m = 75 kg
h = 20 m
t = 5
menit = 300 sekon
Ditanya: P = ... ?
Jawab:
P =
=
=
=
= 50
watt
|
||||||||||||||||||||||||
Penskoran Jawaban dan
Pengolahan Nilai:
1. Nilai 4 : jika sesuai kunci
jawaban dan ada pengembangan jawaban
2. Nilai 3 : jika jawaban sesuai
kunci jawaban
3. Nilai 2 : jika jawaban
kurang sesuai dengan kunci jawaban
4. Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci
jawaban
|
||||||||||||||||||||||||
Pengolahan Nilai:
|
Tabel 2. Instrumen
Penilaian Keterampilan.
KD 4.4 Menyaji hasil
percobaan menggunakan konsep usaha, energi dan daya
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik
dibandingkan secara kuantitatif
|
Tidak dapat memahami dan
membandingkan secara kuantitatif energi potensial
gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
|
Dapat memahami, tetapi belum
dapat membandingkan secara kuantitatif energi potensial
gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
|
Dapat memahami dan dapat
membandingkan secara kuantitatif energi potensial
gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
|
Dapat memahami dan dapat
membandingkan secara kuantitatif energi potensial
gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan serta mampu memberikan contoh.
|
Mendeskripsikan energi dan cara
penghematannya (Integrasi PLH)
|
Tidak dapat mendeskripsikan
energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH).
|
Dapat mendeskripsikan
dengan sederhana tentang
energi dan cara penghematannya (Integrasi
PLH).
|
Dapat mendeskripsikan beberapa contoh energi dan cara penghematannya (Integrasi
PLH).
|
Dapat mendeskripsikan
beberapa contoh energi dan cara penghematannya (Integrasi
PLH) serta penerapan energi
ramah lingkungan.
|
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
I. Media, Alat/Bahan, dan
Sumber Belajar
1. Media : Power
point, animasi, laptop
2. Alat / Bahan : Lampu hemat
energi, peralatan listrik, penggaris, alat tulis
3. Sumber Belajar :
a. Buku pegangan fisika SMK/MAK kurikulum 2013 bidang
keahlian teknologi dan rekayasa jilid 1; penerbit Erlangga
b. Giancoli, Douglas. (2005). PHYSICS: Principles with Aplication.USA: 6th ed.Pearson
Prentice Hall
c. LKS
d. Internet
Tuban, 27 Juli 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. ABDUL WAHAB, M.MPd SYAIFUL
RAHMAN, S.Si
Tidak ada komentar:
Posting Komentar