Iklan Klik Saya

Minggu, 15 Mei 2016

RPP Fisika Hukum Kekekalan Energi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMK Taruna Jaya Prawira Tuban
Mata Pelajaran     :  Fisika
Kelas / Semester    :  X / 1
Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit (2x pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan b
akat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
3.8 Memahami hukum kekekalan energi
4.4 Menyaji hasil percobaan menggunakan konsep usaha, energi dan daya

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
IPK Pengetahuan
3.8.1 Merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif
3.8.2 Menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi energi

IPK Keterampilan
4.4.1 Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif
4.4.2 Mendeskripsikan energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH)

D.  Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan
1.      Setelah melakukan pengamatan dan menggali informasi siswa dapat merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif
2.      Setelah melakukan pengamatan dan perhitungan siswa dapat menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi energi
Keterampilan
3.      Setelah disediakan peralatan praktek dan lembar pengamatan siswa dapat mendemonstrasikan terjadinya energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik
4.      Setelah disediakan peralatan praktek berupa beberapa jenis lampu dan peralatan listrik siswa dapat mendemonstrasikan jenis-jenis lampu dan cara penggunaan peralatan listrik agar hemat energi

E.  Materi Pembelajaran
Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang ditimbulkan oleh suatu gaya. Energi merupakan suatu besaran skalar. Macam-macam bentuk energi antara lain: energi panas, energi cahaya, energi kimia, energi kinetik, energi potensial, dan lain-lain.
a.         Konsep Energi dan Sumber-sumber energi
b.        Energi Potensial (Ep)
Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya terhadap kedudukan tertentu atau keadaannya terhadap keadaan tertentu.
Energi potensial dinyatakan dalam persamaan:
                Ek = mgh                 
      Contoh: buku yang diletakkan di atas meja memiliki energi potensial terhadap lantai.
c.   Energi Kinetik (Ek)
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena gerakannya.
                Energi kinetik dinyatakan dalam persamaan:
                                                  Ek =                       
Contoh: peristiwa pada gasing, setelah tali dilepas dari gasing ternyata gasing masih berputar.
d.  Energi Mekanik (Em)
Energi mekanik adalah jumlah dari energi kinetik dan energi potensialnya. Energi mekanik dinyatakan dalam persamaan.        Em = Ek + Ep      
Jika tidak ada gaya-gaya lain yang bekerja (hanya gaya berat saja) maka energi mekanik benda tersebut konstan (energi mekanik kekal).
                Dinyatakan dalam persamaan:
                               Em1     =          Em2
                (Ek + Ep)1         =          (Ek + Ep)2
e.   Usaha dan Energi Kinetik
Usaha yang dilakukan pada sebuah benda sama dengan penambahan energi kinetik benda tersebut.
W    =          Ek
W    =          Ek akhir – Ek awal
       =          (Ek)2 – (Ek)1
e.     Hubungan Usaha dan Energi
Usaha yang dilakukan oleh gaya berat pada sebuah benda sama dengan pengurangan energi potensialnya.
W = – Ep
W    = –{(Ep) akhir – (Ep) awal}       atau       W   =  (Ep)1 – (Ep)2
       = –{(Ep)2 – (Ep)1}
f.     Hukum Kekekalan Energi
Energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan, tetapi energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lain.
g.        Usaha dan Energi Kalor
                   W = Q = mcΔT

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan                         : Saintifik
Model Pembelajaran          
Ø  Pengetahuan           : Discovery Learning
Ø  Keterampilan          : Project Learning
Metode Pembelajaran        
§  Pengetahuan           : Paparan, Diskusi, Tanya jawab
§  Keterampilan          : Demonstrasi dan pemberian tugas

G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Rincian kegiatan
Waktu (menit)
Pendahuluan
1.    Menyapa siswa dan berdoa sebelum memulai KBM
2.    Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
3.    Mengisi absensi / daftar hadir siswa, jurnal kelas, jurnal mengajar
4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.    Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
15
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta membaca hand out yang diberikan oleh guru
Mengisi soal latihan yang berkaitan dengan indikator 1 sampai 5 telah dibagikan oleh guru

Menanya
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang dipelajarinya

Menalar
Mendiskusikan hasil diskusi kelompok tentang materi yang dipelajari

Mengasosiasi
Peserta didik menjabarkan hasil perhitungannya melalui rumus

Mengkomunikasikan
Setelah selesai mengerjakan tugasnya, guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya setelah melakukan kerja kelompok
65
PENUTUP
1.    Peserta didik dan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
2.    Memberikan tugas baca mengenai hukum kekekalan energi dan materi berikutnya
3.    Menyanyikan lagu kebangsaan
4.    Berdoa setelah pembelajaran berakhir
10

Pertemuan kedua (2 x 45 menit)
Rincian kegiatan
Waktu (menit)
Pendahuluan
1.      Menyapa siswa dan berdoa sebelum memulai KBM
2.      Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
3.      Mengisi absensi / daftar hadir siswa, jurnal kelas, jurnal mengajar
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.      Sedikit mengulang materi sebelumnya
6.      Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
15
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta membaca hand out yang diberikan oleh guru
Mengisi soal latihan yang berkaitan dengan indikator 6 sampai 14 telah dibagikan oleh guru

Menanya
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang dipelajarinya

Menalar
Mendiskusikan hasil diskusi kelompok tentang materi yang dipelajari

Mengasosiasi
Peserta didik menjabarkan hasil perhitungannya melalui rumus

Mengkomunikasikan
Setelah selesai mengerjakan tugasnya, guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya setelah melakukan kerja kelompok
65
PENUTUP
1.      Peserta didik dan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
2.      Memberikan tugas baca mengenai hukum kekekalan energi
3.      Menyanyikan lagu kebangsaan
4.      Berdoa setelah pembelajaran berakhir
10

H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian            : Tes tertulis, presentasi, diskusi, tanya jawab
2.    Instrumen Penilaian       : Pilihan ganda, uraian, skala sikap
Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan
Cara Pengolahan Nilai
KD 3.8 Memahami hukum kekekalan energi
Kompetensi Dasar
Indikator (IPK)
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.8  Memahami hukum kekekalan energi
1.      Merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif

2.      Menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi energi
1.      Siswa dapat merumuskan secara matematis hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif

2.      Siswa dapat menguraikan secara kuantitatif dan kualitataif penerapan konservasi energi
Tes Tulis
1.      Berapakah besar energi potensial benda bermassa 5 kg pada ketinggian 5 meter adalah?
2.      Berikan contoh benda yang memiliki energi potensial adalah?
3.      Tentukan besar usaha yang dilakukan motor 3 Hp dalam waktu 1 jam!
4.      Seorang yang bermassa 75 kg menaiki tangga yang tingginya 20 m dalam waktu 5 menit. Jika g = 10 m/s2, hitunglah daya yang dikeluarkan orang tersebut!

Kunci Jawaban Soal:
1.      Diketahui:   m         = 5 kg
           h   = 5 m
     Ditanya:     Ep     = ....?
     Jawab:
Ep   = mgh
       = (5) (10) (5)
              = 250 J

2.      a. karet ketapel yang direnggangkan
b. bandul yang disimpangkan

3.      Diketahui: P =  3 Hp   =  3 × 746  =  2238 J
             t  =  1 jam =  3600 s
     Ditanya: = ...  ?
     Jawab:
W  =  P t
              =  (2238) (3600)
              =  8,0568 × 106 J

4.      Diketahui:  m  =  75 kg
              h   =  20 m
              t    =  5 menit  =  300 sekon
     Ditanya: P = ...  ?
     Jawab:
P  = 
    
    
    
                =  50 watt
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai:
1.  Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban
2.  Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban
3.  Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
4.  Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

Pengolahan Nilai:
IPK
No. Soal
Skor Penilaian
Nilai
1
1
3
Nilai perolehan KD pengetahuan: Rerata dari nilai IPK
(12/16)*100 = 75
1
2
3
2
3
3
2
4
3
Jumlah
12




Tabel 2. Instrumen Penilaian Keterampilan.
KD 4.4 Menyaji hasil percobaan menggunakan konsep usaha, energi dan daya
IPK
Kategori
1
2
3
4
Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif
Tidak dapat memahami dan membandingkan secara kuantitatif energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
Dapat memahami, tetapi belum dapat membandingkan secara kuantitatif energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
Dapat memahami dan dapat membandingkan secara kuantitatif energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan.
Dapat memahami dan dapat membandingkan secara kuantitatif energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik sesuai yang dicontohkan serta mampu memberikan contoh.
Mendeskripsikan energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH)
Tidak dapat mendeskripsikan energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH).
Dapat mendeskripsikan dengan sederhana tentang energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH).
Dapat mendeskripsikan beberapa contoh  energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH).
Dapat mendeskripsikan beberapa contoh energi dan cara penghematannya (Integrasi PLH) serta penerapan energi ramah lingkungan.

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

I.     Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media                : Power point, animasi, laptop
2.    Alat / Bahan      : Lampu hemat energi, peralatan listrik, penggaris, alat tulis
3.    Sumber Belajar  :
a.       Buku pegangan fisika SMK/MAK kurikulum 2013 bidang keahlian teknologi dan rekayasa jilid 1; penerbit Erlangga
b.      Giancoli, Douglas. (2005). PHYSICS: Principles with Aplication.USA: 6th ed.Pearson Prentice Hall
c.       LKS
d.      Internet

Tuban, 27 Juli 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran





Drs. ABDUL WAHAB, M.MPd                                                 SYAIFUL RAHMAN, S.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar